Kategorisasi Sanksi bagi Dosen

Tabel 29 memperlihatkan lima faktor yang dapat diperhatikan dalam memberatkan atau meringankan poin penyimpangan bagi dosen pelaku kecurangan akademik. Lima faktor tersebut ialah riwayat penyimpangan, jenjang pendidikan, jenis tugas, intensi kecurangan, dan konsekuensi penyimpangan.

Seperti pada kasus mahasiswa, riwayat pendidikan terbagi menjadi empat kategori:

  1. penyimpangan pertama;
  2. penyimpangan kedua;
  3. penyimpangan ketiga;
  4. penyimpangan keempat atau lebih.

 

Untuk dosen, jabatan fungsional terbagi menjadi empat:

  1. dosen honorer/luar biasa;
  2. asisten ahli;
  3. lektor;
  4. lektor kepala dan guru besar.

 

Jenis tugas pada dosen terbagi menjadi karya dengan dana mandiri, karya dengan dana lembaga swasta dalam negeri dan/atau luar negeri, karya dengan dana negara, dan karya untuk tugas eksternal yang membawa nama negara. Kategori intensi kecurangan sama seperti pada kasus mahasiswa, yakni

  1. tidak ada indikasi intensi;
  2. ada indikasi/ bukti adanya kesengajaan untuk melakukan kecurangan;
  3. ada aksi yang tidak patut untuk menghindari atau mengurangi hukuman (menghilangkan bukti, mengancam, menyuap)
  4. ada upaya mengelola, menawarkan, dan/atau mempromosikan kecurangan. Konsekuensi penyimpangan juga terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan luasnya potensi dampak.

Tabel 29 Faktor-faktor dalam penetapan poin penyimpangan bagi dosen

Terkait dengan tingkat penyimpangan, penjelasannya sama dengan pada kasus mahasiswa, poin terendah (10 poin) untuk tingkat ringan dan poin tertinggi maksimal 1000 poin untuk tingkat berat (lihat Tabel 30).

Tabel 30 Tingkat penyimpangan dalam penetapan poin bagi dosen*

* Tabel ini sama dengan Tabel 13, disajikan ulang demi kemudahan pembaca.
**Keterangan: untuk jenis pelanggaran plagiat, kesamaan untuk setiap kalimat yang ditemukan akan dikenai sanksi 10 poin. Hal ini berlaku secara kumulatif hingga kemiripan sebanyak 100 kalimat. Kesamaan lebih dari 100 kalimat, akan dikenai sanksi 1000 poin.

 

Serupa dengan penjelasan untuk penyimpangan oleh mahasiswa, sanksi dikenakan berbeda untuk penyimpangan ringan, sedang, dan berat, yang rentang poinnya juga berbeda. Berat ringannya sanksi pun ditentukan oleh dua komponen utama: yang bersumber dari perolehan poin berdasarkan kelima faktor dan yang bersumber dari perolehan poin berdasarkan tingkat penyimpangan, sesuai dengan jenis penyimpangan yang terjadi. Oleh sebab itu, penjatuhan sanksi ditentukan oleh tingkat penyimpangan dan oleh lima faktor lain (lihat Tabel 31).

Tabel 31 Kategori penjatuhan sanksi kepada dosen